Senin, 20 Januari 2014

Tugas Softskill_Tulisan Bebas_MENGELOLA SUMBER DAYA MANUSIA



1 . Membuat analisis pekerjaan
  
untuk mencapai tujuan, seorang pengusaha memerlukan organisasi . Organisasi  yang baik dalam pengusaha adalah yang berdasarkanperencanaan mengenai apa dan siapa pelaksana nya serta bagaimana cara melaksanakan pekerjaan yang paling efisien .  Agar organisai perusahaan berhasil sesuai dengan perencanaan , maka perlu diadakan analisis pekerjaan . Analisis pekerjaan merupakan suatu alat formal untuk menentukan isi pekerjaan dalam kegiatan usaha .
          analisis pekerjaan adalah suatu proses mempelajari komponen komponen pekerjaan secara terpisah dalam hubungan nya secara keseluruhan untuk menenukan tugas tugas pekerjaan . Dengan perkatan lain nya analisis pekerjaan berhubungan dengan fakta fakta tentang pekerjaan dan bagaimana persyaratan untuk mengerjakan perkerjaan dengan baik .
pentingnya analisis pekerjaan adalah :
          a . Menetukan nilai nilai pekerjaan .
          b . Merumuskan kebutuhan akan pelatihan pegawai .
          untuk mendapatkan analisis data pekerjaan dapat dilakukan dengan cara :
          a . Konferensi .
          b . Wawancara dan observasi .
          c . Daftar pertanyaan .  

2 . Memebuat analisis jabatan

untuk menyeleksi pegawai yang memenuhi persyaratan , telebih dahulu harus mengetahui data data yang lengkap mengenai jabatan yang diisi nya . Sebelum diadakan reruitmen terlebih dahulu diadakan analisis jabtan .
          fungsi analisi jabatan adalah :
          a . Memebrikan gambaran umum tentang unsur jabatan seorang pegawai .
          b . Mencatat syarat syarat perorangan yang penting untuk masing masing jabatan .
          c . Menacatat tangung jawab orang yang memegang jabatan .
          d . Mencatat beberapa kondisi kkerja pegawai yang bersangkutan .
keterangan tipe pegawai yang cocok untuk memangku suatu jabatan diantara nya :
          a . Jenis kelamin .
          b . Keadaan fisik pegawai .
          c . Emosi pegawai .
          d . Mental pegawai .
          e . Syarat syarat pendidikan .
          f . Tempramen pegawai .
          g . Karakter pegawai .
          h . Minat pegawai . 


3 . Menyusun struktur organisasi

tujuan suatu perusahaan menyusun struktur organisasi adalah :
          a . Membedakan suatu tugas pekerjaan .
          b . Memberikan kemungkinan dilakukan nya koordinasi atas tuga tugas , sehingga kegiatan pekerjaan akan lebih efektif .
          c . Menetukan batasan tangung jawab dan wewenang yang dibutuhkan .
          d . Sebagai alat untuk menyongkong dan mencerminkan pelaksanaan strategi usaha .

 4 . Menempatkan orang orang sesuai jabatan dalam organisasi

untuk meneptakan orang orang sesuai jabatan didalam organisasi terlebih dahulu harus diketahui sifat , keahlian nya , dan keadaan pekerjaan yang bersangkutan . hal tersebut penting sekali karena berhasil tidak nya seorang yang akan ditempatkan untuk melaksanakan tugas nya didalam organisasi sangat dipengaruhu oleh adanya kualifikasi dengan job spesification . Salah satu kualifikasi yang sangat penting dari orang yang akan ditempatkan adalah harus mempunyai superior dan intelegensi .
          pertimbangan pertimbangan didalam menempatkan orang orang sesuai dengan jabatan dalam oragnisasi adalah :
          a .  Memperhatikan bakat bajkat khusus dan cita cita mereka .
          b . Mengelompokan orang orang kemudian membagi kegitan kegitan nya . 

5 . Mutasi dan promosi

mutasi adalah kegitan dari pimpinn perusahaan untuk memindahkan karyawan dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain yang dianggap setingakat atau sejajar .
           
          promosi adalah  proses kegiatan  pemindahan pegawai karyawan dari suatu jabatan kepada jabatan lain yang lebih tinggi .  

6 . Pelatihan

pelatihan atau trening adalah suatu kegiatan dari peruaan yang bermaksud untuk dapat memperbaiki dan memperkembangkan sifat tingkah laku , keterampilan dan pengetahuan dari para karyawan nya , sesuai dengan keinginan dari perusahaan yang bersangkutan .

7 . Semangat dan kegairahan kerja

semangat dan kegairahan kerja pada hakikat nya merupakan pengejawantahan / perwujudan dari moral yang tinggi . Bahkan ada yang mengidentikan atau menterjemahan secara bebas , moral kerja yang tinggi adalah semangat dan kegairahan kerja .

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar