1
. Membuat analisis pekerjaan
untuk mencapai tujuan, seorang pengusaha memerlukan
organisasi . Organisasi yang baik dalam
pengusaha adalah yang berdasarkanperencanaan mengenai apa dan siapa pelaksana
nya serta bagaimana cara melaksanakan pekerjaan yang paling efisien . Agar organisai perusahaan berhasil sesuai
dengan perencanaan , maka perlu diadakan analisis pekerjaan . Analisis pekerjaan
merupakan suatu alat formal untuk menentukan isi pekerjaan dalam kegiatan usaha
.
analisis
pekerjaan adalah suatu proses mempelajari komponen komponen pekerjaan secara
terpisah dalam hubungan nya secara keseluruhan untuk menenukan tugas tugas
pekerjaan . Dengan perkatan lain nya analisis pekerjaan berhubungan dengan
fakta fakta tentang pekerjaan dan bagaimana persyaratan untuk mengerjakan
perkerjaan dengan baik .
pentingnya analisis pekerjaan adalah :
a .
Menetukan nilai nilai pekerjaan .
b . Merumuskan
kebutuhan akan pelatihan pegawai .
untuk
mendapatkan analisis data pekerjaan dapat dilakukan dengan cara :
a .
Konferensi .
b .
Wawancara dan observasi .
c .
Daftar pertanyaan .
2
. Memebuat analisis jabatan
untuk menyeleksi pegawai yang memenuhi persyaratan ,
telebih dahulu harus mengetahui data data yang lengkap mengenai jabatan yang
diisi nya . Sebelum diadakan reruitmen terlebih dahulu diadakan analisis jabtan
.
fungsi
analisi jabatan adalah :
a .
Memebrikan gambaran umum tentang unsur jabatan seorang pegawai .
b .
Mencatat syarat syarat perorangan yang penting untuk masing masing jabatan .
c .
Menacatat tangung jawab orang yang memegang jabatan .
d .
Mencatat beberapa kondisi kkerja pegawai yang bersangkutan .
keterangan tipe pegawai yang cocok untuk memangku
suatu jabatan diantara nya :
a .
Jenis kelamin .
b .
Keadaan fisik pegawai .
c .
Emosi pegawai .
d .
Mental pegawai .
e .
Syarat syarat pendidikan .
f .
Tempramen pegawai .
g .
Karakter pegawai .
h . Minat
pegawai .
3
. Menyusun struktur organisasi
tujuan suatu perusahaan menyusun struktur organisasi
adalah :
a .
Membedakan suatu tugas pekerjaan .
b .
Memberikan kemungkinan dilakukan nya koordinasi atas tuga tugas , sehingga
kegiatan pekerjaan akan lebih efektif .
c .
Menetukan batasan tangung jawab dan wewenang yang dibutuhkan .
d .
Sebagai alat untuk menyongkong dan mencerminkan pelaksanaan strategi usaha .
4 . Menempatkan orang orang sesuai jabatan
dalam organisasi
untuk meneptakan orang orang sesuai jabatan didalam
organisasi terlebih dahulu harus diketahui sifat , keahlian nya , dan keadaan
pekerjaan yang bersangkutan . hal tersebut penting sekali karena berhasil tidak
nya seorang yang akan ditempatkan untuk melaksanakan tugas nya didalam
organisasi sangat dipengaruhu oleh adanya kualifikasi dengan job spesification
. Salah satu kualifikasi yang sangat penting dari orang yang akan ditempatkan
adalah harus mempunyai superior dan intelegensi .
pertimbangan
pertimbangan didalam menempatkan orang orang sesuai dengan jabatan dalam
oragnisasi adalah :
a
. Memperhatikan bakat bajkat khusus dan
cita cita mereka .
b .
Mengelompokan orang orang kemudian membagi kegitan kegitan nya .
5
. Mutasi dan promosi
mutasi adalah kegitan dari pimpinn perusahaan untuk
memindahkan karyawan dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain yang dianggap
setingakat atau sejajar .
promosi
adalah proses kegiatan pemindahan pegawai karyawan dari suatu
jabatan kepada jabatan lain yang lebih tinggi .
6
. Pelatihan
pelatihan atau trening adalah suatu kegiatan dari
peruaan yang bermaksud untuk dapat memperbaiki dan memperkembangkan sifat
tingkah laku , keterampilan dan pengetahuan dari para karyawan nya , sesuai
dengan keinginan dari perusahaan yang bersangkutan .
7
. Semangat dan kegairahan kerja
semangat dan kegairahan kerja pada hakikat nya
merupakan pengejawantahan / perwujudan dari moral yang tinggi . Bahkan ada yang
mengidentikan atau menterjemahan secara bebas , moral kerja yang tinggi adalah
semangat dan kegairahan kerja .
0 komentar:
Posting Komentar