Faktor yang
Mempengaruhi Etika pada Bisnis
Etika
bisnis memiliki definisi yang hampir sama dengan etika profesi, namun secara
lebih rinci. Etika bisnis adalah
perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan oleh pimpinan, manajer, karyawan,
agen, atau perwakilan suatu perusahaan.
Faktor
yang mempengaruhi Perilaku Etika. Tiga faktor utamanya, yaitu :
1. Perbedaan
Budaya
Perilaku bisnis orang Indonesia
tentu saja berbeda dengan Negara lain. Hal yang sama, daerah atau kota tertentu
berbeda perilaku bisnisnya dengan daerah lain. Semakin banyak hal yang
diketahui dan semakin baik seseorang memahami suatu situasi, semakin baik pula
kesempatannya dalam membuat keputusan-keputusan yang etis. Ketidaktahuan
bukanlah alasan yang dapat diterima dalam pandangan hukum, termasuk masalah
etika.
2. Perilaku
Organisasi
Dasar etika bisnis
adalah bersifat kesadaran etis dan meliputi standar-standar perilaku. Banyak organisasi
menyadari betul perlunya menetapkan peraturan-peraturan perusahaan terkait
perilaku dan menyediakan tenaga pelatih untuk memperkenalkan dan memberi
pemahaman tentang permasalahan etika.
3. Hubungan
Manajemen
Di dalam suatu bisnis
perusahaan, penting bagi pihak internal untuk menjalin hubungan yang baik antar
sesama pegawai, atasan, dan bawahan. Degan begitu dapat menciptakan saling
pengertian antara pegawai, ataupun antara pimpinan dengan semua pegawai dalam
sebuah organisasi; Mendapatkan data-data yang lengkap tentang sikap dan tingkah
laku pegawai. Data ini diperlukan dalam rangka pembinaan, pengorganisasian,
kerjasama, koordinasi dan evaluasi terhadap pegawai, menciptakan kerjasama yang
serasi antara pegawai, menanamkan rasa damai kepada pegawai, menanamkan rasa
sukses kepada pegawai sehingga mereka merasa diberi kesempatan untuk maju dalam
mengembangkan kariernya, menanamkan loyalitas para pegawai, menanamkan rasa tanggungjawab
kepada para pegawai dan menciptakan adanya semangat kerja yang tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar