Minggu, 03 November 2013

tugas softskill_persaingan dalam bisnis secara kompetitif antara Hypermart dan Carrefour



PERBANDINGAN RETAIL
“PERSAINGAN ANTARA CARREFOUR DAN HYPERMART SECARA KOMPETITIF”


                Dengan berkembangnya industri retail yang begitu pesat dan disertai persaingan yang begitu ketat dalam pasar global dewasa ini membuat perusahaan tidak berorientasi pada pesaing saja, tetapi perusahaan juga harus bisa mengelola keseimbangan yang baik antara orientasi pesaing dengan orientasi pelanggan. Setiap retail sudah selayaknya berusaha untuk mempertahankan pelanggan dengan cara membina hubungan baik dan memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka, hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan ini menjadi sesuatu yang penting agar kepuasan dan loyalitas dapat terpantau dengan baik. Dan disini kita akan membahas cara bersaing antara Hypermart dan Carrefour.

Hypermart
Strategi yang hypermart jalankan adalah Agar tetap eksis, Hypermart mendatangkan  para ahli di bidang makanan segar untuk memberi konsultasi, membuat sistem dan menata bisnisnya. Beberapa pakar food business retail dari luar negeri juga turut didatangkan untuk memberikan pelatihan. Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, Hypermart semakin mantap mengukuhkan namanya di pasar food business retail Indonesia.

PENGUATAN INFRASTRUKTUR
Visi menjadi market leader di pasar hypermarket sudah di depan mata. Namun jika tidak dipersenjatai dengan lengkap, visi itu mungkin hanya sebatas impian. Oleh karena itu dilakukan strategi untuk memenangkan persaingan.
Cara bersaing Hypermart yang kompetitif memang pintar, dengan mengambil hati konsumennya. Hal ini tercermin dari berbagai langkahnya dalam memanjakan konsumen. Ada satu yang menjadi trademark Hypermart dibanding para kompetitor di kelasnya yaitu Carrefour. Untuk beberapa item barang, Hypermart memberikan ikon cek harga dengan ilustrasi kaca pembesar.Ini artinya Hypermart memberikan jaminan harga termurah dibanding barang yang dijual di tempat sejenis lainnya. Jika ada yang lebih murah, Hypermart akan mengganti selisihnya 2x lipat. Kenyamanan berbelanja di Hypermart juga ditambah dengan adanya layanan jasa antar untuk produk-produk elektronik (radius tertentu) untuk para konsumennya.
Langkah ini akan terus dibarengi dengan memperkuat logistik, menyelenggarakan pelatihan rutin bagi SDM serta peningkatan sistem IT ter-up date yang mengikuti perkembangan jaman. Jaringan outlet di seluruh Indonesia juga akan terus dibuka.Pembukaan gerai Hypermart yang ke-50, menandai kesungguhannya untuk mengukuhkan posisinya di pasar hypermarket Indonesia Dukungan lain yang juga berperan penting dalam menopang keberhasilan Hypermart adalah kegiatan promosinya yang kreatif dan bermanfaat bagi konsumen. Seperti iklan di media cetak yang informatif hingga promosi kartu kredit seperti Credit Card BNI diskon 35% untuk all product, diskon 50% all product bagi pemegang kartu kredit Hypermarket serta Loyalty Program Royal VKB dan lain sebagainya
Carrefour
Strategi yang Carrefour jalankan adalah dengan menjual barang elektronik rumah tangga dengan harga murah dan pembayarannya bisa dicicil dengan bunga 0%. Dan juga bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan konsumen Sumber Kredit, Carrefour membuat ketiga pihak (Carrefour, prinsipal produk dan Sumber Kredit) bersama-sama meraih kepentingan yang sama, yakni meningkatkan penjualan dan meraih awareness. Program yang awalnya coba-coba ini ternyata mendapat sambutan pasar yang luar biasa, hingga sekarang semua perusahaan retail menyelenggarakan program serupa.
Carrefour juga siap dengan berbagai macam medan. Caranya menciptakan warna yang berbeda, memenuhi kebutuhan masyarakat, harga bersaing, dan promo-promo seperti midnight sale ini," ujarnya. Tidak peduli dengan suara-suara miring, Carrefour dengan mantap terus melangkah. Kini, dengan 15 gerai di lokasi-lokasi strategis — cenderung di tengah kota — Carrefour menjadi motor persaingan antar-hypermarket di Indonesia; baik soal lokasi, penataan ruangan, program loyalitas pelanggan, program promosi berhadiah, hingga soal strategi harga murah.
Carrefour memang terlihat cerdik mempertimbangkan area cakupan pasar yang luas. Ia selalu membuka lokasi yang dipenuhi pusat bisnis atau daerah perumahan kalangan menengah-atas. Carrefour juga bekerja sama dengan prinsipal produk yang dipromosikan dan biaya promosi ditanggung bersama.
“KOMPETISI HARGA SAING YANG DITERAPKAN OLEH CARREFOUR DAN HYPERMART TERAPKAN DALAM BERBISNIS”
Carrefour menggunakan ‘Harga Heboh’, Program promosi ritel memiliki sasaran jangka pendek dan jangka panjang. Sasaran jangka pendek dari program promosi ritel ini adalah bertujuan meningkatkan lalulintas konsumen untuk meningkatkan penjualan dan lebih ditujukan sebagai usaha pencapaian kinerja operasional dalam suatu periode waktu tertentu. Sasaran jangka panjang tentunya adalah untuk membangun image gerai ritel di benak konsumen agar berbeda dengan pesaingnya. Ketika konsumen tertarik dengan harga item target yang sangat fantastis dan mengunjungi gerai ritel, konsumen akan dipancing untuk membeli produk lain yang tersedia di dalam gerai. Semakin banyak produk lain yang dibeli tanpa direncanakan sebelumnya oleh konsumen, maka program promosi yang dilancarkan manajemen ritel melalui ‘Harga Heboh’ berhasil mencapai tujuannya.
Dan Hypermart sendiri juga tidak mau kalah, mereka juga menetapkan positioning harga rendah dalam management mereka.
Strategi ”Harga Rendah”di Hypermart
Harga rendah di hypermart merupakan aplikasi ‘Everyday Low Price’ (EDLP) yang biasa diaplikasikan peritel dengan biaya operasional rendah dan pelayanan minimum. Strategi EDLP menekankan harga jual normal yang berkisar antara harga normal dan harga promosi ritel pesaing.  EDLP berguna memperluas cakupan segmen pasar yang bisa dijangkau dan memungkinkan peritel hypermart untuk menjangkau konsumen hampir dari seluruh strata sosial yang ada di masyarakat. Strategi ini sangat efektif diaplikasikan di Indonesia, yang mayoritas konsumennya berasal dari kalangan menengah bawah dan umumnya sangat peduli pada harga (price sensitive).
 “KOMPETISI ANTAR KATALOG”
Penyebaran katalog juga menjadi unggulan Carrefour hingga sekarang. Tak kurang dari 1 juta katalog disebar setiap kali terbit (dua minggu sekali). Selain katalog besar yang mewakili seluruh toko, ada juga katalog pendek yang disebut fresh yang di- update setiap lima hari. Ada lagi, Action Spot.
Sedangkan penyebaran catalog di Hypermart, dia juga menerbit atau meluncurkan katalog setiap minggunya, dengan berbagai promosi dan potongan harga di tawarkan di dalamnnya. Dan dari potongan harga yang menggiurkan, itu menarik minat konsumen yang membacannya.
“KOMPETISI KARTU MEMBER ANTARA CARREFOUR DAN HYPERMART”
Hypermart menyediakan kartu Hi-Card dengan berbagi fungsi dan manfaat di dalamnnya, banyak sekali promo yang bisa didapatkan.Seperti promo potongan harga 15 persen untuk pemegang kartu kredit Hypermart, potongan 5 persen untuk pemegang Matahari Club Card dan juga poin untuk para pemegang HI Card.
            Namun, kebanyakan pembeli di Hypermart juga mengejar pengumpulan kupon penukaran barang-barang mewah yang dipromokan Hypermart. Seperti saat ini promo pengumpulan kupon untuk penukaran alat makan merk terkenal.

            Carrefour juga menawarkan Kartu Belanja Carrefour (KBC) yang diluncurkan 22 April 2003. Kartu plastik hasil kerja sama Carrefour dengan General Electric Consumer Finance (GE) dan Master Card ini, bukan sekadar berfungsi sebagai kartu belanja, melainkan juga dapat menjadi kartu kredit dan bisa menarik uang tunai, serta berfungsi sebagai kredit berjangka dan kredit cicilan. Di luar semua itu, tentu, para pemegangnya memperoleh beberapa promosi menarik, seperti gratis aneka cenderamata, undian berhadiah, potongan harga hingga voucher belanja. Selain itu, pemegang KBC yang nilai belanjanya dibayar tunai di akhir bulan akan mendapat potongan harga sebesar 1,5%.

KESIMPULAN
Disini dapat disimpulkan bahwa, kedua perusahaan tersebut memiliki daya saing yang sangat kuat, walaupun demikian, mereka bersaing secara sehat dan kompetitif, masing – masing memiliki strategi berbisnis yang sangat cerdas dan tepat, dan itu akan berdampak pada kemampuan mereka untuk bersaing dengan usaha lain, serta  dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi persaingan dengan cara mengembangkan inovasi dengan produk atas apa yang mereka jual. Dengan terus menjaga dan mengembangkan sumber keunggulan bersaingnnya, maka kelangsungan usaha tersebut akan tetap terjaga.

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar