JUDUL : komponen ekosistem
TUJUAN :
untuk membedakan komponen abiotik dan biotik
TEORI SINGKAT : ekosistem adalah suatu interaksi
yang kompleks dam memiliki penyusun yang beragam. Dalam suatu ekosistem tercermin
adanya hubungan – hubungan timbal balik dimana antara komponen – komponennya.
Dan juga yang merupakan unsur – unsur yang saling mempengaruhi antara komponen
satu dengan komponen yang lainnya.
Ekosistem juga merupakan suatu komunitas ekologi
yang merupakan suatu system, yang antara lain terdiri atas komponen biotic (
bahan hidup ) dan abiotic ( bahan tak hidup ) yang saling mempengaruhi atau
berinteraksi.
ALAT DAN BAHAN :
ALAT : - 4
buah batang bambu
-
tali rapia 20 meter
-
kaca pembesar
-
gunting
-
alat tulis
BAHAN : komponen biotik dan abiotik pada suatu kebun
CARA KERJA :
● PRAKTEK KUADRAT
1. Siapkan alat yang telah di tentukan
2. Tancapkan empat batang bambu di tanah dengan
jarak yang sudah di tentukan
3. Lalu setelah di tancapkan, hubungkan satu sumpit
dengan sumpit lainnya dengan tali rapia
4. Jika sudah, lakukan pengamatan dan lihat apa saja
yg ada di dalamnya
5. Dan tulis dalam laporan dari hasil pengamatan
tersebut
● PRAKTEK LINGBELT
1. Ikatkan tali rapia dari pohon satu ke pohon
lainnya dengan jarak 1 M, dan membentuk LA, LB, LC, LD
2. Setelah itu amati, komponen apa saja yang
melintasi LA, LC
3. Lalu, setelah selesai diamati, tulis dalam
laporan dari hasil pengamatan tersebut
DATA PENGAMATAN :
No
|
Teknik
|
Komponen
|
Jenis – jenis tanaman
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|
Biotik
|
Abiotik
|
|||||
1
|
Kuadrat
|
Pohon
X
|
√
|
-
|
1
|
-
|
|
|
Rumput
|
√
|
-
|
Banyak
|
Bergerombol
|
Semut
|
√
|
-
|
Banyak
|
Berjejeran
|
||
Batu
|
-
|
√
|
4
|
Terpisah
– pisah
|
||
Sendal
jepit
|
-
|
√
|
1
|
Bekas
di pakai
|
||
2
|
Lingbelt A
|
Batu
|
-
|
√
|
7
|
Terpisah
– pisah
|
|
|
Semut
|
√
|
-
|
Banyak
|
Berjejeran
|
Sedotan
|
-
|
√
|
1
|
Sampah
orang
|
||
Rumput
|
√
|
-
|
Banyak
|
Bergerombol
|
||
Sampah
daun
|
√
|
-
|
Banyak
|
Bertumpuk
|
||
3
|
Lingbelt C
|
Belalang
lewat
|
√
|
-
|
1
|
Berserakan
|
|
|
Semut
|
√
|
-
|
Banyak
|
Berjejeran
|
Sampah
daun
|
√
|
-
|
Banyak
|
Berserakan
|
||
Rumput
|
√
|
-
|
Banyak
|
Bergerombol
|
||
Batu
|
-
|
√
|
5
|
Terpisah
- pisah
|
ANALISA DATA :
Berdasarkan data di atas bahwa komponen – komponen
yang di amati beraneka ragam, dan komponen biotik lebih unggul dari pada
komponen abiotik.
KESIMPULAN :
Berdasarkan pengamatan di atas dapat di simpulkan
bahwa komponen yang di dalamnnya merupakan unsur yang saling mempengaruhi dan
saling berinteraksi.
“SELAMAT MENCOBA :)”
0 komentar:
Posting Komentar