Sabtu, 17 Mei 2014

Pengalaman PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang berkesan di PT. Hypermart



Hypermart merupakan salah satu perusahaan retail yang namanya sekarang cukup terkenal di Indonesia. Prospek peluang bisnis yang positif di bidang food business membuat hypermarti tak ragu melangkah untuk bereksplorasi mendirikan konsep baru. Dengan koleksi barang yang lebih lengkap dan atmosfer berbelanja yang nyaman dan bersahabat, membuat nama hypermart kian tertanam di benak masyarakat.
Dan disini saya akan sedikit mencertitakan tentang pengalaman prakerin saya di perusahaan ini. Mari kita simak ! 

Aktifitas saya di hypermart :

Ø  KASIR ( FRONT END ) :
Kasir merupakan tempat pembayaran atau tempat melakukan transaksi setelah customer puas memilih kebutuhannya. disini saya di ajarkan bagaimana caranya memprogram mesin kasir, mempacker barang yang benar, dan melayani customer dengan ramah dan sopan. Disini saya juga dapat mempelajari bagaimana cara membaca karakter pelanggan dan bagaimana menangani dari setiap karakter pembeli tersebut. Bagaimanapun wataknya, tetap kita harus menrapkan prinsip 5S, yaitu senyum, sapa, salam, sopan, santun.
Karena dalam ilmu pemasaran itu juga, pembeli adalah “RAJA”.

Ø  GROCERRY :
Di bagian ini saya di ajarkan menata produk dengan baik, sesuai dengan tempatnnya masing – masing dan sesuai dengan urutan. Membandit barang, hal itu mudah, tapi cukup melelahkan karna stock yang di keluarkan perusahaan cukup banyak.

Ø  DEPOSIT CENTER ( CSO ) :
CSO atau yang biasa di sebut sebagai tempat penitipan barang, disini saya di ajarkan meletakan titipan barang customer dengan baik dan jangan sampai barang tersebut tertukar dengan customer lain, menerima telfon, dan disini saya juga di ajarkan menginput hi – card di computer yang telah di sediakan.

Ø  ELEKTRONIK :
Disini tempat dimana barang – barang elektronik disediakan. Disini saya  di ajarkan menata barang elektronik dengan baik dan benar, selain itu juga kita bisa lebih mengetahui merek – merek barang elektronik yang kami tidak ketahui sebelumnya. Dalam hal ini ilmu pemasaran yang telah di ajarkan di sekolah, bisa di tuangkan dalam tugas prakerin saya ini, karena disini saya harus dengan pandainnya memaparkan keunggulan dan seluk beluk elektronik yang customer tanyakan, dan meyakinkan customer bahwa apa yang di perdagangkan disana merupakan barang yang berjualitas tinggi.

Ø  FINANCE :
Finance merupakan bagian keuangan, disini saya  di ajarkan membandit uang yang benar dan teliti untuk para kasir, dan juga menyiapkan catalog yang nantinya akan di bagikan kepada pelanggan setia hypermart.

Ø  OPPENING :
Setiap opening kami bertugas menyambutcustomer  dengan cara menyapanya dengan ramah sambil membagikan catalog yang telah di sediakan oleh perusahaan, dengan harapan customer merasa nyaman dan efek poitif untuk perusahaan.

Ø  HI – CARD
Di sana kami bertugas menawarkan hi card kepada pelanggan setia hypermart yang datang berkunjung, hanya dengan membimbing customer untuk mengisi formulir yang telah di sediakan oleh perusahaan. Dengan hal itu, customer bisa mendapatkan banyak keuntungan, selain pembuatan kartu secara gratis, jika ada discount yg disediakan, customer yang memiliki kart hi-card akan langsung mendapatkan potongan harga yang cukup memuaskan.

Sekian cerita yang bisa saya paparkan, disini yang jelas saya mendapatkan banyak    pengalaman yang sangat berharga, dan lebih bisa menghargai waktu tentunya, karna disini saya di ajarkan tingkat kedisiplinan yg sangat baik, dan konsep attitude yang luar biasa.
            Trimakasih PT. Hypermart.!
            Cukup sekian dan semoga bermanfaat.. insyaaAllaah :)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

good job.. ijin copas y ir, Pak pri

Unknown mengatakan...

Iya pak.. silahkan :)

muhammad abaz mengatakan...

Wah, thx atas infonya..

Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

hahaha... thx again

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar